Jumat, 17 Juni 2016

BAB 1 PENDAHULUAN

0




1.1.         Latar Belakang
Etika adalah sebuah norma atau “aturan” umum yang harus diperhatikan dalam berbisnis dan didalam perusahaan. Etika adalah cara berpikir mengenai suatu perilaku manusia dibawah pangkal tolak pandangan baik dan buruk atau benar dan salah dari sebuah norma dan nilai yang harus di pertanggungjawabkan. Etika berbeda dengan hukum, aturan, maupun. Etika tidak memiliki sanksi yang jelas, tetapi biasanya etika dihukum dengan cara sanksi moral atau sanksi dari Yang Maha Kuasa. Jadi, jika kita lihat kepada definisi hukum maka melanggar etika belum tentu berarti melanggar hukum dan peraturan yang ada. Tetapi apabila melanggar hukum, sanksinya jelas berupa pidana atau perdata sedangkan melanggar etika sanksinya tidak jelas atau hanya sanksi moral.
Norma dan peraturan ditetapkan dalam suatu perusahaan digunakan untuk mengetahui apakah seseorang berperilaku etis atau tidak etis. Banyak perusahan meyakini bahwa prinsip bisni adalah yang beretika, yaitu bisnis dengan kinerja unggul dan mentaati kaidah-kaidah etika yang sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.  Dengan mencapainya keadilan akan menciptakan stabilitas sosial yang akan menunjang kegiatan bisnis dan prinsip keadilan dapat dijalankan dengan lebih baik dan etis. Berbisnis akan menjadi lebih sukses apabila mempuyai perhatian pada etika dan norma keadilan karena akan menuntut mencapai tujuan-tujuan tertentu dalam perusahaan, termasuk dalam bisnis sesorang tidak boleh mengorbankan hak-hak dan kepentingan orang lain. karena hal tersebut akan meningkatkan organisasi dan meningkatkan motivasi karyawan dan mengurangi kerugian akibat perilaku yang kurang etis yang telah karyawan lakukan. 
Salah satu kunci utama dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional adalah terletak pada proses rekrutmen, seleksi, training and development calon tenaga kerja. Mencari tenaga kerja yang profesional dan berkualitas tidaklah gampang. Merupakan sebuah kewajiban dalam  perusahan harus melakukan penyaringan untuk anggota atau para pekerja yang baru. Untuk itulah rekrutmen tenaga kerja dibutuhkan untuk menyaring para pelamar yang ingin melamar. Rekrutmen ini menjadi salah satu proses yang penting dalam menentukan baik tidaknya pelamar yang akan melamar pada perusahaan.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apakah pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia?
2. Apakah Etika bisnis dalam Msdm?
3. Apakah Fungsi, Tugas dan tanggungjawab Msdm?
4. Apakah strategi tahapan rekrutmen karyawan untuk mendapatkan SDM?
5. Apakah strategi dan rencana pengelolaan sumber daya manusia PT. Semen Gresik?
6. Apakah manajemen sumber daya manusia pada PT. Semen Gresik?
7. Apakah proses rekrutmen dan seleksi karyawan di PT. Semen Gresik dengan menerapkan teori keadilan ?
1.3  Tujuan Penulisan
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk melengkapi tugas Individu Etika Bisnis, dan berbagi informasi kepada semua masyarakat pentingnya Etika dalam sebuah Bisnis untuk mecapai tujuan yang diinginkan secara efektif atau efisien, dan untuk mengetahui Etika Sumber Daya Manusia  di dalam perusahaan dan peranya dalam teori keadilan.

1.4  Manfaat Penulisan
Sebagai tambahan referensi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan bidang manajemen sumber daya manusia khususnya  yang berhubungan dengan rekrutmen pada perusahaan dan hubungannya dengan teori keadialan.

0 komentar:

Posting Komentar