Jumat, 17 Juni 2016

BAB IV TEMUAN DAN ANALISIS

0




A.   TEMUAN
1.     Deskripsi PT. Semen Gresi
PT. Semen Gresik merupakan perusahaan semen terbesar di Indonesia. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk(dahulu PT. Semen Gresik (Persero) Tbk) adalah produsen semen yang terbesar diIndonesia. Pada tanggal 20 Desember2012, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk resmi berganti nama dari sebelumnya bernama PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Visi perusahaan ini adalah menjadi pemimpin perusahaan semen dengan reputasi internasional dan mampu menciptakan nilai tambah pada para steakeholder.
Pada tahun 2007, Perseroan telah mengembangkan konsep manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi, bekerjasama dengan konsultan independen, dalam rangka menyiapkan pegawai yang siap menghadapi perubahan dalam mencapai tujuan Perseroan jangka panjang. Sejalan dengan proses transformasi korporasi tersebut, untuk mengantisipasi rencana perkembangan Perseroan di masa yang akan datang, serta menyiapkan SDM yang profesional, saat ini Perseroan sedang menyusun human capital master plan yang meliputi organization and human capital management alignment, integrated human capitalplanning and optimization, high performance system and culture development, leadership capability enhancement and accelerated and integrated human capital development. Perseroan telah melaksanakan assessment pegawai dalam rangka pengembangan dan penempatan pegawai. Program pendidikan dan pelatihan pun terus dilaksanakan guna meningkatkan kompetensi sesuai bidang tanggung jawabnya, di bidang pemasaran, produksi maupun operasional lainnya.
Perusahaan menyadari bahwa sasaran jangka panjang perusahaan tidak dapat dicapai tanpa dimilikinya karyawan yang kompeten, memiliki etos kerja yang baik, mampu bekerjasama dan senantiasa menerapkan prinsip pembelajaran berkelanjutan dalam setiap aktivitas kerjanya, serangkaian kebijakan dan aktivitas strategis pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang meliputi menyempurnakan struktur organisasi dan uraian tugas menyelenggarakan rekrutmen dan seleksi calon karyawan, membenahi prosedur dan sistem pengelolaan SDM, serta menyempurnakan program pembinaan, pendidikan dan pelatihan karyawan yang berbasiskan kompetensi.
Hal ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan salah satu misi perusahaan, yaitu mengembangkan sumber daya manusia yang berkompeten dan profesional untuk menjamin ketersedian tenaga kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan dengan melakukan pengelolaan sebagai berikut :
1.     Melakukan analisa terhadap kebutuhan tenaga kerja secara periodik agar efisiensi jumlah dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan tetap terjaga
2.     Menerapkan sistem seleksi yang sangat ketat dan adil dalam setiap tahapan proses rekrutmen calon karyawan.
3.     Melakukan penilaian yang objektif terhadap kinerja karyawan secara berkala, yang hasilnya dijadikan sebagai dasar untuk perhitungan salah satu komponen gaji bulanan serta penetuan kenaikan golongan dan jabatan karyawan.
4.     Melakukan GAP analysis untuk memastikan kesesuaian tingkat kompetensi yang dimiliki karyawan dengan kebutuhan pekerjaan.
5.     Merencanakan dan melaksanakan program pelatihan untuk peningkatan kompetensi teknis dan manajerial serta sikap kerja karyawan.
Perusahaan mendorong karyawan bekerja secara profesional yang berorientasi pada produktivitas dan efisiensi. Tumbuhnya circle-circle TPM secara significan di semua unit kerja serta penerapan SMSP secara konsisten.
Sesuai dengan peran penting sumber daya manusia sebagai pendukung keberhasilan usaha, Perseroan terus melanjutkan upaya peningkatan kompetensi dan keterampilan pegawai, baik di bidang teknis maupun manajerial.
2.     Proses Perekrutan di PT. Semen Gresik dengan Menerapkan Teori Keadilan
Proses Rekrutmen dan seleksi karyawan telihat mudah, meski di lain sisis untuk mencari dan merkrut kandidat yang tepat adalah tugas yang menuntut untuk ketelitian. Tugas ini biasanya dilaksanak oleh HRD, oleh karena itu, HRD harus mengikuti pendekatab langkah demi langkah untuk mempekerjakan caln karyawan. HRD harus merancang proses perekrutan dan mepekerjakan para profesional terbaik. Meskipun prorses prekrutan berbeda dari perusahaan ke perusahaan lainnya. Tetapi inti rekrutmen memiliki langkah serupa.
Untuk merekrut atau seleksi karyawan HRD PT. Semen Gresik harus menerapkan teori keadilan agar adil maksunya adalah kalau semua orang yang melakukan rekrutmen harus diberi ruang dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk menggunakan kebebasannya secara berdaya dan bertanggung jawab. Sehingga seorang HRD harus memiliki sikap adil untuk memperlakukan para kanidat dengan haknya. Karena setiap kanidat wajib diakui dan diperlakukan sesuai dengan harkatnya dan martabatnya, yang sama derajatnya, yang sama hak dan kewajibannya, tanpa membedakan suku, keturunan, agama dan golongan. Ada beberapa macam keadilan di dalam teori keadilan yaitu:
a . Keadilan Komutatif
Keadilan Komutatif  adalah keadilan yang berhubungan dengan persamaan yang diterima oleh setiap orang tanpa melihat jasa-jasanya. Intinya harus bersikap sama kepada semua orang, tidak melihat dari segi manapun. Contoh Keadilan Komutatif: Seorang kanidat di perusahaan wajib diberi hak dan tugasnya sebagai calon pelamar, tanpa HRD membeda-bedakan keturunan, suku, dan golongan.
b. Keadilan konvensional
Keadilan konvensional adalah keadilan yang mengikat warga negara karena didekritkan melalui kekuasaan khusus.  Keadilan ini menekankan pada aturan atau keputusan kebiasaan yang harus dilakukan warga negara yang dikeluarkan oleh suatu kekuasaan. Contoh Keadilan konvensional:  Didalama PT. Semen Gresik seorang kanidat telah dapat menegakkan adil setelah menaati hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di dalam sistem perusahaan yang sudah ditetapkan. Seperti kanidat harus membawa Cv atau berkas untuk interview itu adalah kewajiban kanidat untuk mematuhi aturan yang sudah ditentukan.
c. Keadilan Distributif
Keadilan distributif adalah keadilan yang diterima seseorang berdasarkan jasa-jasa atau kemampuan yang telah disumbangkannya (sebuah prestasi). Keadilan ini menekankan pada asas keseimbangan, yaitu antara bagian yang diterima dengan jasa yang telah diberikan. Contoh Keadilan Distributif: Seorang HRD harus memberikan nilai pada kanidat pada saat tahap seleksi sesuai prestasi yang telah dicapai atau di raih oleh kanidat pada masa kuliah.
d. Keadilan Kodrat Alam
Keadilan kodrat alam adalah keadilan yang bersumber pada hukum alam/hukum kodrat. Hukum alamiah ditentukan oleh akal manusia yang dapat merenungkan sifat dasarnya sebagai makhluk yang berakal dan bagaimana seharusnya kelakuan yang patut di antara sesama manusia. Intinya memberikan sesuatu sesuai yang diberikan oleh orang lain kepada kita. Contoh Keadilan Kodrat Alam :Perbuatan yang baik atau buruk tentu akan mendapat balasan yang setimpal sesuai perbuatan itu sendiri. Jadi ketika seseorang berbuat baik kepada orang lain, maka orang lain juga akan berbuat baik kepadanya. 
e. Keadilan Perbaikan
Keadilan perbaikan adalah keadilan yang dimaksudkan untuk mengembalikan suatu keadaan atas status kepada kondisi yang seharusnya, dikarenakan kesalahan dalam perlakuan atau tindakan hukum. Contoh Keadilan Perbaikan: Misalnya seseorang memiliki status/keadaan terpidana, namun diberikan keluasan menjadi orang bebas karena terjadi kesalahpahaman atau kekeliruan dalam perlakuan hukum. Seseorang yang bersalah meminta maaf ke masyarakat karena telah mencemarkan nama baik seseorang tanpa adanya bukti otentik (tidak sesuai dengan fakta yang ada).
3.     Analisis Pendekatan 
 Menurut saya PT. Semen Gresik melakukan teori keadilan karena perusahaan ini menggunakan semua teori keadilan. Contohnya dari teori komutatif perusahaan ini menerapkan keseteraan, keseimbangan, keharmonisan hubungan antara sesama karyawan dan antara HRD serta kanidat yang ingin di rekrut oleh perusahaan, dan dalam keadilan ini perusahaan bersikap netral serta memperlakukan semua pihak secara sama tanpa terkecuali.
Dalam teori distributive perusahan menerapkan keadilan yang diterima para karyawan berdasarkan jasa-jasa atau kemampuan yang sudah karyawan berikan pada perusahaan, contohnya seperti prestasi karyawan yang baik akan di berikan penghargaan. Dari analisis dan materi diatas, dapat dilihat bahwa etika moral perusahaan ini sangat baik dan tinggi untuk para karyawannya dan pihak kanidat yang ingin di rekrut oleh perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar